Kamis, 03 Mei 2018

DOWNLOAD RPP KELAS 2 SD TEMA 1 HIDUP RUKUN K13 REVISI 2017

Download RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun K13 Revisi 2017
Download RPP SD Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun K13 Revisi 2017 - Info [K-Moe]
Rencana pelaksanaan pembelajaran menjadi hal esensial yang wajib dibuat oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran agar lebih optimal. Dalam RPP tersebut terdiri dari berbagai komponen program yang saling berkaitan.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru untuk Sekolah Dasar dibuat dalam bentuk Tematik dimana membaurkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Berikut ini adalah contoh RPP Tematik K13 Kelas 2 SD Tema Hidup Rukun yang dapat dijadikan sebagai kerangka program pembelajaran yang akan bapak/ibu kembangkan

TEMA HIDUP RUKUN

Tema Hidup Rukun terdiri dari beberapa subtema antara lain : Hidup Rukun di rumah, Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain, Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah, dan Hidup Rukun di Masyarakat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD)
Kelas II / 
Tema 1 Hidup Rukun
Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke 1
Alokasi Waktu (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan

A. KOMPETENSI INTI (KI)

  1. KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
  4. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
B. Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Matematika
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa Indonesia
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
  2. Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
  3. Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
  4. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
  5. Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  6. Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
  8. Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
  9. Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
  10. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
  11. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
  12. Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
  13. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
  14. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
Lebih lengkapnya silahkan download

DOWNLOAD RPP KELAS II TEMA 1 HIDUP RUKUN


EmoticonEmoticon