Jumat, 04 Mei 2018

RPP KELAS 5 SD TEMA 1 - 5 K13 REVISI 2017

Download RPP Kelas 5 SD Tema 1 - 5 K13 Revisi 2017 - Info [K-Moe]

Download RPP Kelas 5 SD Tema 1 - 5 K13 Revisi 2017 - Info [K-Moe]
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP adalah suatu program yang wajib dibuat oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara optimal. RPPdisusun dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku yakni kurikulum 2013.

TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR

Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar terdiri dari beberapa subtema. RPP K13 Kelas 5 dengan tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD)
Kelas V / Semester 1 
Tema 5 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1 Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke 1
Alokasi Waktu (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan

A. KOMPETENSI INTI (KI)

  1. KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
  4. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia.
Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian.
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan penga¬ruh kegiatan manusia keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.
4.1.1 Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai peruba¬han alam.
IPS
3.2.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan bu¬daya dalam lingkup nasional.
4.1.1 Menyusun laporan secara ter¬tulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
Matematika
3.1.1 Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa, campuran, desimal.
4.1.1 Mengenal bentuk pecahan biasa.
4.1.2 Mengenal bentuk pecahan cam¬puran.
4.1.3 Mengenal bentuk pecahan desimal.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
  2. Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
  3. Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
  4. Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
  5. Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

MATERI PEMBELAJARAN

  1. Membuat kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang benar.
  2. Melakukan percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami pendinginan dan pembakaran
  3. Mengamati dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada lilin yang dibakar
  4. Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam karena perilaku manusia berdasarkan bacaan

F. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN

  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Contoh di atas hanyalah sebagian Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Share terlebih dahulu kemudian unduh.

DOWNLOAD RPP KELAS V TEMA 1 - 5

Password : www.infokmoe.id

1 komentar so far

How to win at roulette with a blackjack dealer | drmcd
Learn more 안산 출장안마 about casino 광명 출장마사지 games, including 김천 출장마사지 roulette with blackjack and slots. Find tips for winning at roulette 서산 출장안마 with blackjack and 남양주 출장안마 slots.


EmoticonEmoticon