Rabu, 04 Oktober 2017

Cara Cek Info GTK Terbaru Dapodikdas 2018

inulwara.blogspot.com
Cara cek info GTK untuk tahun 2017 berdasarkan data Dapodikdas 2018 mengalami perbedaan jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya Anda dapat mengecek pada alamat http://223.27.144.195:8081 dan beberapa alamat alternatif lainnya (dengan mengganti protokol 8081 menjadi 8082 atau 8083 atau 8084 atau 8085 atau 8086), sekarang Anda tidak bisa lagi mengakses alamat tersebut karena telah ditutup. Dan untuk gantinya Anda hanya dapat mengakses http://info.gtk.kemdikbud.go.id. untuk mengetahui apakah data Anda valid atau tidaknya pada aplikasi Dapodikdas. Itupun Anda tidak serta merta dapat mengakses alamat tersebut, melainkan harus melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Mengapa alamat tersebut terkesan terbatas? Ya, karena hanya mereka yang telah terdaftar dan mengaktifkan akunnya di SIMGPO-PKB yang dapat mengaksesnya. Oh ya, saya tidak akan berpanjang lebar menjelaskan tentang apa itu SIMGPO-PKB karena hal ini sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, Anda dapat mempelajarinya di sini.

Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa Anda hanya dapat mengakses info GTK jika sudah terdaftar, aktif, dan menjadi bagian dari komunitas pada aplikasi SIMGPO-PKB. Bagi Anda yang belum terdaftar atau belum mengaktifkan akunnya, segeralah melakukannya karena selain untuk mempermudah proses pengecekan info GTK berdasarkan data Dapodikdas, SIMGPO-PKB juga menjadi konsekuensi menyangkut penyelenggaraan UKG, aneka tunjangan, pendidikan dan latihan (diklat), dan kebijakan-kebijakan lain yang berhubungan dengan Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Jangan lupa baca: Wajib! Entri Data UKG di Dapodik Syarat Mendapatkan Tunjangan Profesi Guru

inulwara.blogspot.com
Lalu, bagaimana cara mengecek info GTK di SIMGPO-PKB? Caranya cukup mudah, Anda hanya login ke akun SIMGPO-PKB anda, setelah berhasil login, silakan scroll ke bawah dan temukan "fitur lain untuk Anda" dengan submenu "Layanan Info GTK", silakan klik submenu tersebut. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id dan lihat data-data Anda apakah sudah sesuai atau ada yang masih kurang atau keliru pengentriannya.

Jika data yang ditampilkan pada laman info GTK ternyata ada kesalahan atau tidak sesuai, segeralah perbaiki datanya di aplikasi pendataan Dapodikdas bersama Operator Sekolah dan lakukan sinkronisasi seperti biasa untuk update data Anda.

Perlu diketahui bahwa setiap perubahan data yang dilakukan di aplikasi Dapodikdas tidak serta merta langsung mengalami perubahan di info GTK karena harus melewati beberapa tahapan dahulu sebelum data benar-benar mengalami pembaruan. Jadi, perubahan itu akan membutuhkan beberapa hari saat pemrosesan berlangsung.

Demikian paparan singkat tentang cara cek info GTK terbaru pada aplikasi Dapodikdas 2018. Silakan bagikan jika informasi ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon